Selasa, 13 April 2010

awal tahapan implementasi,,

Proses awal implementasi yang dilakukan oleh SMKN3 Jakarta adalah sebagai berikut:

1.membuat alur kerja,,agar dapat berjalan sesuai proses yang berlaku atau sistem yang berlaku pada sekolah smk 3 jakarta.

2.membuat sistem yang dapat mempermudah sistem kerja yaitu sistem pembayaran administrasi agar dapat mempermudah dalam pengerjaannya.agar tercapainya tujuan bersama.

3.mempersiapkan software ataupun hardware yang dibutuhkan dalam proses instalasi awal dalam pembuatan sistem.


Apa saja yang dipersiapkan untuk proses instalasi dan pengujian sistemnya:

-software yang di butuhkan,misal:osnya,mic.office karena sistem pembayaran ini lebih menekankan atau lebih banyak memakai aplikasi microsoft office yaitu excle..
-hardware yang dibuthkan,misal:komputer,laptop,flashdish/alat penyimpanan yang lainnya,hard disk,,

Selasa, 16 Maret 2010

Implementasi itu bisa diartikan sebagai proses untuk memastikan terlaksananya suatu kebijakan dan tercapainya kebijakan tersebut. Bisa diartikan juga sebagai pelaksanaan atau penerapan.

Implementasi Sistem adalah suatu proses untuk menempatkan informasi baru kedalam operasi. Dalam hal ini, menurut “Whitten, Bentley & Barlow, 1993″, Implementasi Sistem mempunyai 4 tahap, yaitu :

1. Membuat dan menguji basis data & jaringan.

Penerapan sistem yang baru atau perbaikan sistem dibuat pada basis data dan jaringan yang telah ada. Jika penerapan sistem yang baru memerlukan basis data dan jaringan yang baru atau dimodifikasi, maka sistem yang baru ini biasanya harus diimplementasikan sebelum pemasangan program komputer.

2. Membuat dan menguji program.

Merupakan tahap pertama untuk siklus pengembangan sistem yang spesifik bagi programer. Bertujuan untuk mengembangkan rencana yang lebih rinci dalam pengembangan dan pengujian program komputer yang baru.

3. Memasang dan menguji sistem baru.

Tahap ini dilakukan untuk menyakinkan bahwa kebutuhan integrasi sistem baru terpenuhi.

4. Mengirim sistem baru kedalam sistem operasi.

Tujuan tahap ini adalah untuk mengubah secara perlahan – lahan sistem lama menjadi sistem baru sehingga perlu dilakukan pemasangan basis data yang akan digunakan pada sistem baru.


-Membuat dan menguji basis data & jaringan pada basis datanya,,,sudah dilakukan pengujian sehingga sangat membantu dalam perhitungan jumlah spp tiap bulannya dalam bidang pembayaran spp.

-Membuat dan menguji program pada program secepat mungkin smkn 3 berusaha melalakukan pengupdate program sehingga membabtu memudahkan atau mempercepat proses perhitungan setiap bulannya.

-sistem baru akan berusaha diterapkan demi kelancaran perhitungan dan meminimalisir kesalahan,,,,

-pada tahap ini sama seperti tahap kedua yang selalu berusaha melakukan perubahan demi tercipta tujuan bersama pada smkn 3 jakarta...

Jumat, 26 Februari 2010

Systems Development Life Cycle (SDLC)

Systems Development Life Cycle (SDLC)



SDLC berfungsi untuk menggambarkan tahapan-tahapan utama dan langkah-langkah
dari setiap tahapan yang secara garis besar terbagi dalam tiga kegiatan
utama, yaitu :
a. Analysis
b. Design
c. Implementation
Setiap kegiatan dalam SDLC dapat dijelaskan melalui tujuan (purpose) dan
hasil kegiatannya (deliverable).
Apabila kegiatan utama tersebut dijabarkan ke dalam langkah-langkah yang
lebih rinci dapat digambarkan seperti berikut :

+---------------------------------------------------------------------+
: ANALYSIS : DESIGN : IMPLEMENTATION :
+---------------------------------------------------------------------+
: :
+---------------+ : :
+-->: Problem : : :
| : Detection : : :
| +---------------+ +-----------+ +-----------+
+---------> | | : | | : |
| +---------------+ | : +---------------+ | : +---------------+
| : Initial : | : : Output : | : : Programming / :
| : Investigation : | : : : | : : test :
| +---------------+ | : +---------------+ | : +---------------+
+---------> | | : | | : |
| +---------------+ | : +---------------+ | : +---------------+
| : Requirements : | : : Input : | : : Training / :
| : Analysis : | : : : | : : Other :
| +---------------+ | : +---------------+ | : +---------------+
+---------> | | : | | : |
+---------------+ | : +---------------+ | : +---------------+
: Generation of : | : : Files :--+ : : System :
: Alternatives : | : : : : : Change Over :
+---------------+ | : +---------------+ : +---------------+
| | : :
+---------------+ | : :
: Selection of :--+ : :
: Proper System : : :
+---------------+ : :

Gambar 4.3 : Stages of Problem Solving Systems Development Life Cycle (SDLC)

ANALYSIS
Dalam tahap analisis ini, digunakan oleh analis sistem untuk :
a. Membuat keputusan apabila sistem saat ini mempunyai masalah atau sudah
tidak berfungsi secara baik dan hasil analisisnya digunakan sebagai dasar
untuk memperbaiki sistem
b. Mengetahui ruang lingkup pekerjaannya yang akan ditanganinya.
c. Memahami sistem yang sedang berjalan saat ini
d. Mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya

Kegiatan yang dilakukan dalam tahap analisis ini adalah :

1. Problem detection
a. Tujuan : Mendeteksi sistem, apabila sistem saat ini semakin
berkurang manfaatnya (memburuk).
b. Hasil : Laporan pendahuluan tentang permasalahan yang terjadi
dalam sistem.

2. Initial investigation
a. Tujuan : Memerikan sistem saat ini dengan penekanan pada daerah-
daerah yang menimbulkan permasalahan.
b. Hasil : Penjelasan sistem saat ini.

3. Requirement analysis (determination of ideal systems)
a. Tujuan : Mendapatkan konsensus dari komunitas pemakai dari sistem
informasi yang ideal. Sebuah penggantian sistem akan
menimbulkan jarak antara sistem saat ini dengan sistem
yang ideal (yang mengacu ke komputerisasi).
b. Hasil : Penjelasan kebutuhan analisis terhadap sistem.

4. Generation of system alternatives
a. Tujuan : Menggali (explore) perbedaan dari alternatif sistem dalam
mengurangi jarak (gap) antara sistem saat ini dengan
sistem idealnya.
b. Hasil : Dokumen-dokumen tentang alternatif sistem yang akan
digunakan untuk memperbaiki sistem.

5. Selection of proper system
a. Tujuan : Membandingkan alternatif-alernatif sistem dengan
menggunakan metodologi terstruktur, memilih alternatif
sistem yang paling baik, dan menjualnya (sell) kepada
management.
b. Hasil : Hasil-hasil dari studi sistem.

DESIGN
Dalam tahap perancangan (desgin) memiliki tujuan, yaitu untuk :
a. Mendesain sistem baru yang dapat menyelesaikan masalah-masalah yang
dihadapi perusahaan yang diperoleh dari pemilihan alternatif sistem yang
terbaik.

Kegiatan yang dilakukan dalam tahap perancangan ini adalah :

6. Output design
a. Tujuan : Memerikan bentuk-bentuk laporan sistem dan dokumennya.
b. Hasil : Bentuk (forms) dari dokumentasi keluaran (output).

7. Input design
a. Tujuan : Memerikan bentuk-bentuk masukan didokumen dan dilayar ke
sistem informasi.
b. Hasil : Bentuk (forms) dari dokumentasi masukan (input).

8. File design
a. Tujuan : Memerikan bentuk-bentuk file-file yang dibutuhkan dalam
sistem informasi.
b. Hasil : Bentuk (forms) dari dokumentasi file.

IMPLEMENTATION
Dalam tahap implementasi memiliki beberapa tujuan, yaitu untuk :
a. Melakukan kegiatan spesifikasi rancangan logikal ke dalam kegiatan yang
sebenarnya dari sistem informasi yang akan dibangunnya atau dikembangkannya.
b. Mengimplementasikan sistem yang baru.
c. Menjamin bahwa sistem yang baru dapat berjalan secara optimal.

Kegiatan yang dilakukan dalam tahap implementasi ini adalah :

9. Programming & testing
a. Tujuan : Mengkonversikan perancangan logikal ke dalam kegiatan
operasi coding dengan menggunakan bahasa pemograman
tertentu, dan mengetest semua program serta memastikan
semua fungsi / modul program dapat berjalan secara benar.
b. Hasil : Coding program dan spesifikasi program.

10.Training
a. Tujuan : Memimpin (conduct) pelatihan dalam menggunakan sistem,
persiapan lokasi latihan dan tugas-tugas lain yang
berhubungan denganp pelatihan (buku-buku panduan sistem).
b. Hasil : Rencana pelatihan sistem, modul-modul katihan dan
sebagainya.

11. System changeover
a. Tujuan : Merubah pemakaian sistem lama ke sistem bari dari sistem
informasi yang berhasil dibangun.Perubahan sistem merupakan tanggungjawab team designer ke pemakai siste (user organization).
b. Hasil : Rencana (jadwal dan metode) perubahan sistem (contract).

dan pada kali ini SLDC yang akan saya bahas yaitu mengenai sistem pada sekoloah SMKN 3 JAKARTA,,dimana dalam sekolah kejuruan ini memiliki sistem ataupun dalam pengajaran,,,absensi guru atau murid,,dan tata usaha di dalamnya,,tetapi kali ini saya akan lebih membahas mengenai sistem pembayaran atau biaya administrasi tiap bulan disini hardware yang digunakan sudah menggunakan Laptop sebagai alat bantu penyimpanan database murid yang telah dan belum membayar,software yang di gunakan yaitu menggunakan mic.office Excel dan sebagai databasenya ialah data murid meliputi:NIS,Nama_Murid,Kelas,Jurusan,,,dan prosedur yang di gunakan yaitu setipa murid ketika ingin membayar menuju loket pembayaran dan menyerahkan kartu pembayaran masing2 murid lalu petugas administrasi akan mencatat secara manual dan akan menginput ke dalam sistem yang telah tersedia,,,dan di lakukan setiap awal bulan,,yaitu sebulan sekali,,

Senin, 16 November 2009

asking for an extension of credit

dear mr.Hanh

thank you for you letter of october 30th. we fully appriciate your concern.and would like to assure you that we shall undeavour to settle our account with you in immediate future. we wish to propose the following:

an immediate part payment to imported machinery delayed by cheque post-dated to dated to augst 29

we would like fsix month's extension of credit , on which we will pay interest.as you know,there have been problems with you payment by instalment within six months,plus interest.

thabk you for your assistence and patience, also for the excellent service your company has given us in the past.

your sincerely

an informal letter of congratulation

Dear ana

a was very delighted to here about your recent appointment.
i know hoe hold you have work,and you certainly diserve it.
it is a great pity i'm going to the states for two weeks but i'll ring you when i get back meanwhile,
i wish you every succses.

your sincerely


lily

file memos

date :28th augst
from :lk(R & D)
file :c 27
subject:albani-milan

whilst on holiday in zurich last month,i met mr & mrs abate by chance.they ware also guest at the royal.mr A is catering manager of spring hotel (some time a go merged with albani. not knowing who i was,the possibility of albani now being taken over was mentioned. no names were quoted but indicated he knew who it was.

action : check:1.are albani looking for an opening in the market
2.what inside information does akm have?


sumber:business communication page 6

Rabu, 11 November 2009

confidential Report....

confidential Report
company's history : Started five years ago
Registered as a private company.
Present situation : Paymeny terms exceeded
supliers currently report : -

B.Company B has been supplier for 5 years and has supplied good on a sixtyday's creadit to limit of
10.000 pound.They report that the hotel is experimenting temporary eashflow problems

C.Company c has been a supplier for 2 years and supplied goods on 90 days,creadit tom limit 3000 pound.however recently the hotel exceeded these terms and sipplies had to be stopped.

d.Company D has been a supplier for 9 month and supplied good 30 day,creadit to limit 2000 pound.they report the hottel normally pays after second reminder.


Sumber: bussines communication(Cynthia Beresford) page38